1. Dapat Bekerja Solid Dalam Tim
Maksud dari poin ini tidak hanya menuntut Anda untuk
bersikap kooperatif terhadap rekan kerja atau ketua tim, tetapi juga memiliki
skill dan kemampuan leadership kuat jika dibutuhkan. Anda tentu tidak akan
terus-terusan menjadi anggota tim, bukan? Jadi Anda juga perlu memiliki
kemampuan leadership untuk bisa mencuri perhatian pewawancara saat wawancara
kerja.
2. Fleksibilitas
Poin fleksibilitas dalam lingkungan kerja sangat penting
untuk dimiliki tiap karyawan dan menjadi aset berharga bagi perusahaan. Siapa
saja yang dapat beradaptasi pada segala situasi, serta tidak menjadi biang
kerok kesulitan orang lain, tim atau perusahaan, ia sangat dibutuhkan karena
lingkungan kerja di kantor tidak selalu mulus.
3. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Efektif
Poin soft skill untuk kemampuan berkomunikasi secara efektif
dengan orang lain juga sangat penting. Tidak peduli mood dan deadline kerja
yang Anda hadapi, namun Anda harus tetap bisa memberi penjelasan dan mampu
mengontrol emosi. Selain itu, komunikasi di sini juga melibatkan banyak hal,
seperti Anda bisa menjadi pendengar yang baik serta dapat menggunakan body
language elegan tanpa harus menyinggung perasaan orang lain.
4. Mampu Menyelesaikan Masalah dan Panjang Akal
Tidak peduli apapun profesi Anda, namun skill untuk bisa
menyelesaikan masalah dan memiliki akal atau ide untuk memecahkan masalah
tersebut juga menjadi hal kritis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kenapa?
Karena masalah bisa datang kapan saja dan Anda sebagai pelamar kerja dituntut
memiliki ide menuntaskan masalah tersebut.
5. Mau Menerima Feedback
Tidak semua orang memiliki kebesaran hati untuk menerima
feedback, kritik, atau saran dari orang lain. Yang ada adalah banyak karyawan
langsung emosi saat diberi masukan karena kinerja yang dilakukan dan tidak
terima sehingga menimbulkan suasana tidak nyaman di kantor. Selain itu, tidak
semua orang mau menerima saran dan menerapkan saran dari orang lain sehingga
soft skill mau menerima feedback menjadi sangat penting untuk dimiliki bila
Anda ingin mendapatkan posisi yang Anda lamar.
6. Percaya Diri
Saat melakukan wawancara kerja, pewawancara bisa langsung
mengetahui apakah Anda termasuk pribadi yang memiliki rasa percaya diri atau
tidak. Jika ini adalah interview pertama dan Anda masih grogi, cobalah untuk
tenang dengan menarik napas panjang sebelum masuk ruang wawancara kerja, atau
memberi jeda waktu sebentar sebelum menjawab pertanyaan. Memiliki rasa percaya
diri dan cakap membuat pewawancara tertarik untuk merekrut Anda.
7. Berpikir Kreatif
Tidak semua orang memiliki soft skill berpikir kreatif
karena ini adalah skill yang cukup unik. Sebagai orang yang mampu berpikir
kreatif, Anda akan memiliki banyak ide alternatif atau solusi unik untuk
memecahkan masalah. Selain itu, Anda juga mampu membuat inovasi baru atau
meningkatkan efisiensi kerja.
Memiliki soft skill tersebut di atas dapat membuat wawancara
kerja Anda tidak menegangkan lagi karena interview bisa berjalan lebih santai.
Semoga berhasil.
0 Komentar untuk "Kuasai Soft Skill Ini Untuk Wawancara Kerja"